HRD Paling Suka Banget Sama CV Kaya Gini!

HRD Paling Suka Banget Sama CV Kaya Gini!

Fresh grads, siapa nih yang sampai saat ini masih belum juga dapet kerja? Kamu ngerasa kalau CV yang udah kamu buat udah bagus? Yakin?

Kamu tau nggak sih? kalau sebenernya dalam membuat CV itu juga harus kamu perhatikan lho.. Kaya gimana sih isi CV yang menarik? nih mimin kasih contohnya di bawah ya!

Foto dalam CV
Di dalam sebuah CV, banyak hal yang harus kamu perhatikan, seperti foto, usahakan foto yang kamu gunakan bukan foto selfie, atau foto yang jauh (sampai wajah nggak terlihat). Usahakan juga background yang kamu gunakan tidak ramai atau ada orang lain. Bisa kamu akali dengan mem-blur background foto
kamu.

Deskripsi CV

Pada deskripsi CV kamu jelaskan secara singkat bagaimana isi keseluruhan CV kamu. Cukup 1 paragraf aja.

Kontak pada CV

Pada kontak usahakan gunakan alamat email aktif yang profesional, jangan gunakan alamat email yang terlalu berlebihan. Jika kamu punya sosial media atau linkedin bisa juga kamu cantumkan pada kontak. Nah, khusus untuk alamat rumah, sebenarnya kamu nggak perlu mencantumkan terlalu detail agar menghindari perusahaan yang nakal ingin menggunakan data kamu.

Keahlian dan hobi pada CV

Pada keahlian dan hobi, kamu sebaiknya cantumkan keahlian dan hobi yang relate sama pekerjaan yang ingin kamu lamar. Nggak perlu semua keahlian atau hobi yang nggak penting kamu cantumkan ya, yang ada malah CV kamu terlalu ramai.

Pengalaman dalam CV

Di bagaian pengalaman, kamu boleh isi pengalaman organisasi kampus, pengalaman magang, pelatihan, kelas online, ataupun pengalaman kerja yang relate dengan posisi yang kamu lamar. Di sini kamu cukup cantumkan 3 pengalaman terbaru kamu ya.

Pendidikan di CV

Saat menulis tentang pendidikan kamu boleh pakai pendidikan terakhir saja. contohnya kamu lulusan SMA/SMK tuliskan pendidikan SMA/SMK kamu dan jelaskan apa yang pernah kamu lakukan di sekolah kamu dan tentunya harus relate dengan posisi yang ingin kamu lamar ya.

CV, FYI