Cara Jawab Interview : "Apa yang Membedakan Kamu dengan Kandidat Lain?

Cara Jawab Interview : “Apa yang Membedakan Kamu dengan Kandidat Lain?”

Guys, pernah nggak sih kamu ditanyai soal apa kelebihan kamu dengan kandidat lainnya saat interview? udah tau belum gimana cara jawabnya? gini nih caranya!

Identifikasi kelebihan dan keunikan diri kamu

Mengidentifikasi kelebihan dan keunikan diri kamu dapat membantu kamu menjawab pertanyaan ini. Buatlah daftar kelebihan kamu, seperti pengalaman kerja, keahlian atau keterampilan tertentu, atau sifat pribadi yang positif yang dapat membantu kamu dalam pekerjaan.

Hubungkan kelebihan kamu dengan posisi yang dilamar

Setelah mengidentifikasi kelebihan kamu, hubungkan dengan posisi yang dilamar. Pikirkan bagaimana kelebihan kamu dapat membantu kamu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi tersebut.

Berikan contoh konkret

Berikan contoh konkret yang dapat membantu memperlihatkan kelebihan kamu. Misalnya, jika kelebihan kamu adalah kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, berikan contoh situasi di mana kamu berhasil menyelesaikan proyek dengan tenggat waktu yang ketat.

Jangan berlebihan

Fokus pada kelebihan kamu yang dapat membantu kamu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi tersebut. Hindari memberikan jawaban yang terlalu umum atau tidak relevan dengan posisi yang dilamar.

Contoh jawaban yang baik untuk pertanyaan “Apa yang membuat kamu unik dibandingkan dengan kandidat lain?” adalah:

“Saya memiliki pengalaman yang kuat dalam industri ini dan juga kemampuan untuk berpikir kreatif dan solutif. Saya selalu berusaha untuk mengembangkan ide-ide baru yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Saya juga memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan dapat bekerja dengan baik dalam tim. Selain itu, saya sangat antusias dalam belajar dan terus meningkatkan keterampilan saya dalam pekerjaan.”

Dunia Kerja, Interview / Wawancara, Lamar Kerja, Tips