Kapan Sebaiknya Waktu Untuk Kirim Lamaran Kerja?

Pernah gak kepikiran kapan waktu yang paling pas buat ngirim lamaran kerja? Seringkali, kita mikirin ini kayak semacam ilmu gaib yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu. Padahal, ternyata, gak ada aturan baku yang bisa dipake buat semua orang.

  1. Pagi Hari: Mengirim lamaran pada pagi hari, khususnya pada hari Senin atau Selasa, dapat menjadi pilihan yang baik. Pada awal pekan, para rekruter cenderung lebih segar dan kurang sibuk, sehingga lebih mungkin untuk memberikan perhatian lebih kepada aplikasi.
  2. Tengah Pekan: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hari Rabu adalah hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Pada saat tengah pekan, pekerja biasanya telah melewati awal minggu yang sibuk dan belum mencapai kelelahan akhir pekan.
  3. Tidak pada Akhir Pekan: Mengirim lamaran pada hari Jumat atau akhir pekan mungkin kurang efektif karena banyak orang bersiap-siap untuk akhir pekan atau sudah fokus pada aktivitas non-profesional.
  4. Bulan Awal: Pada awal bulan, beberapa perusahaan mungkin memiliki anggaran baru atau posisi yang baru dibuka, sehingga ini bisa menjadi waktu yang baik untuk mengirim lamaran.

Intinya sih, kamu juga perlu tau kebiasaan perusahaan atau rekruter yang kamu tuju. Tapi ya, waktu dikit, pekerjaan nunggu, jadi jangan sampe lamaranmu mendarat di tong sampah cuma gara-gara waktu pengiriman yang kurang pas. Semangat melamar!

Dunia Kerja, FYI, Lamar Kerja, Tips