Rahasia Sukses Interview yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu pasti ingin banget dapetin kerjaan yang kamu impikan, kan? Nah, buat nyampe situ, kamu harus bisa melewati tahap interview dengan baik. Jadi, sebelum mulai interview, kamu perlu benar-benar kenal diri kamu sendiri.

Coba deh, kenali dulu hard skil dan keahlian soft skill yang kamu punya. Misalnya, kamu jago banget ngoding (hard skill), tapi juga punya kemampuan komunikasi yang baik (soft skill). Poin ini penting banget buat kamu bisa ngejelasin potensi yang kamu miliki ke calon bos kamu.

Selanjutnya, sebelum kamu interview, penting banget buat riset tentang posisi yang kamu lamar. Apa sih tugas-tugas yang harus kamu lakukan nantinya? Kamu harus tahu betul, supaya kamu bisa kasih kesan bahwa kamu udah siap banget buat ngejalanin peran itu.

Terus, jangan lupa juga buat riset job description-nya. Tahu nggak, tindakan ini bisa bikin kamu keliatan lebih paham sama perusahaan yang kamu incar, dan juga nunjukin bahwa kamu serius banget.

Nah, saat interview, kamu harus bisa delivery dengan baik. Artinya, kamu harus bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan percaya diri. Jangan lupa, kamu juga bisa pake storytelling buat ngebantuin kamu jual diri. Ceritain pengalaman-pengalaman kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, dan kasih penekanan pada keunggulan-keunggulan kamu di bidang tersebut. Ingat, cerita yang bisa bikin calon bos kamu terkesan itu kuncinya!

Jadi, itu dia rahasia sukses buat bisa cepet keterima kerja. Kenali diri kamu, riset posisi dan job description, delivery dengan percaya diri, dan jangan lupa pake storytelling. Semoga dengan tips ini, kamu bisa lebih siap dan sukses di interview selanjutnya!

Dunia Kerja, Interview / Wawancara, Tips