Rahasia Jawaban “Kelemahan Diri” di Interview Kerja yang Sering Salah Dipahami

Siapa sih yang nggak deg-degan pas interview kerja? Terutama kalau HRD mulai nanya, “Apa kelemahan diri kamu?” Rasanya kayak jebakan banget, ya kan? Banyak yang mikir pertanyaan ini buat menjatuhkan kamu. Padahal, nggak gitu kok.

Sebenarnya, HRD pengen tahu gimana kamu mengenal diri sendiri dan seberapa jujur kamu. Sayangnya, jawaban yang sering dikasih tuh klise banget, kayak “Saya terlalu perfeksionis” atau “Saya suka kerja terlalu keras”. Jawaban kayak gini udah mainstream dan bikin HRD bosan. Gimana cara jawab yang benar tapi nggak bertele-tele? Kuncinya adalah jujur tapi juga tunjukin kamu mau berkembang. Misal, kamu bisa bilang, “Saya dulu suka menunda-nunda, tapi sekarang saya sudah mulai atur waktu lebih baik dengan buat jadwal harian.”

Ingat, HRD itu nggak cari orang yang sempurna, tapi yang bisa belajar dari kelemahannya. Jadi, jawab aja dengan jujur dan tunjukin kalau kamu punya rencana untuk memperbaiki diri. Dengan begitu, kamu bakal kelihatan lebih genuine dan siap berkembang. Jadi, jangan takut lagi ya kalau ditanya soal kelemahan diri di interview kerja!

Dunia Kerja, FYI, Interview / Wawancara, Lamar Kerja, Tips