Cara Melatih Public Speaking Buat Kamu yang Suka Gugup

Dalam dunia kerja, ternyata kemampuan public speaking adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya dalam dunia kerja, kemampuan ini juga berguna saat kamu menempuh pendidikan atau dalam suatu organisasi.

Akan tetapi, seringkali perasaan gugup muncul bukan? Apalagi kamu orang yang pemalu. Hal tentu akan sangat sulit kamu hadapi. Jika kamu ingin merubah kegugupan ini, penting bagi kamu untuk belajar cara public speaking dengan benar.

Berikut adalah tips terbaik untuk kamu melatih public speaking

1. Menjaga Kontak Mata

Cara pertama kamu bisa menjaga kontak mata kamu dengan audiens untuk mengurangi masa malu. Jika kamu belum mampu melihat mata, bisa kamu awali dulu dengan melihat yang lainnya, seperti rambut, atau batang hidung mereka.

2. Siapkan Materi

Dengan menyiapkan materi public speaking kamu tentunya akan lebih siap saat tampil di depan audiens. Materi yang nantinya kamu sampaikan akan lebih terstruktur dan jelas.

3. Melatih Diri Untuk Berbicara Dengan Pelan

Biasanya saat melakukan public speaking ketika gugup, pengucapan atau gaya bicara kita akan lebih cepat dan bisa melewatkan poin penting dalam materi kamu. Disinilah kamu harus lebih mengatur nafas kamu agar lebih tenang.

Kamu bingung cari kerja karena nggak punya pengalaman? yuk follow instagram @freshgraduate bali! karena di sana banyak banget info manarik seputar fresh graduate loh!

Public Speaking, Tips